Model pembelajaran Berbasis Masalah materi Fenomena Sosial

IMRON, ILMAWATI FAHMI and Aka, Kukuh Andri Model pembelajaran Berbasis Masalah materi Fenomena Sosial. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran (Semdikjar II) tahun 2018, 4 Agustus 2018, UNP Kediri.

[img] Text (Model pembelajaran Berbasis Masalah materi Fenomena Sosial)
86206_0710128902.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (383kB)
[img] Text (Peer Review Ilmawati Fahmi Imron)
86206_0710128902_PEERREVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Similarity-Turnitin)
86206_0710128902_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
Official URL: http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.ph...

Abstract

Masalah yang sering ditemukan dalam pembelajaran di perguruan tinggi adalah rendahnya kemampuan mahasiswa untuk berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking (HOT). Pada perguruan tinggi mahasiswa lebih dominan menyelesaikan masalah yang tampak pada permukaan saja tanpa menyelesaikannya secara mendalam. Hal ini dikarenakan mahasiswa hanya sekedar mengetahui informasi dari sumber belajar saja misalnya internet dan buku, tidak mengetahui informasi tersebut secara nyata. Sehingga mahasiswa paham teori namun kurang dalam praktiknya. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada masalah agar dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap suatu fenomena sosial. Model pembelajaran yang cocok dengan materi fenomena sosial yakni model pembelajaran berbasis masalah. Alasan menerapkan PBL yakni PBL dapat memposisikan pebelajar (mahasiswa) sebagai subjek belajar aktif yang mampu menyelesaikan suatu masalah baik permasalahan dalam pendidikan maupun masalah dalam kehidupan seharihari pebelajar. Terdapat lima langkah dalam pembelajaran PBL yakni (1) Mengorientasikan pebelajar pada masalah, (2) mengorganisasikan pebelajar untuk belajar, (3) memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja, menganalisis, dan (5) mengevaluasi hasil pemecahan masalah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ilmawati Fahmi Imron
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:46
Last Modified: 19 Jan 2021 06:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item