Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Sosial Siswa Materi Manusia dan Lingkungannya di Sekolah Dasar

IMRON, ILMAWATI FAHMI Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Sosial Siswa Materi Manusia dan Lingkungannya di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3 (1). pp. 103-109. ISSN 2548-6950

[img] Text (Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Sosial Siswa Materi Manusia dan Lingkungannya di Sekolah Dasar)
86206_0710128902.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (Peer Review-Ilmawati Fahmi Imron)
86206_0710128902_PEERREVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Similarity-Turnitin)
86206_0710128902_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
Official URL: http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan sosial siswa materi manusia dan lingkungannya di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pretestposttest control group design. Subjek penelitian kelas IVA dan IVB SDN Singkalanyar 2 Prambon Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 19.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan scientific model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan sosial siswa pada materi manusia dan lingkungannya di Sekolah Dasar dibuktikan dengan t hitung (18,076) > t tabel (2,021). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific modelpembelajaran berbasis masalah pada materi manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat keterampilan sosial siswa.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ilmawati Fahmi Imron
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:43
Last Modified: 19 Jan 2021 06:43
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item