ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2016)

DAMARISWARA, RIAN and WIGUNA, FRANS ADITIA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2016). STILISTIKA, 12 (2). pp. 111-123. ISSN 2614-3127

[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2016))
86206_0728129001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (780kB)
[img] Text (SIMILARITY TURNITIN)
86206_0728129001_SIMILARITY.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PEERREVIEW RIAN DAMARISWARA)
86206_0728129001_PEERREVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (PEERREVIEW FRANS ADITIA WIGUNA)
86206_0719048206_PEERREVIEW FRANS ADITIA WIGUNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Stilisti...

Abstract

Mahasiswa PGSD angkatan 2016 yang menempuh perkuliahan Bahasa Indonesia perlu dianalisis kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Mahasiswa PGSD merupakan calon guru SD yang mengajarkan tata tulis secara ilmiah kepada siswa di tingkat dasar, jadi perlu adanya penguatan dalam kemampuan menulis karya ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri angkatan 2016. Data adalah hasil pengerjaan mahasiswa yakni penulisan artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil penelitian pertama, kemampuan menulis sistematika artikel ilmiah. Sebanyak 17 kelompok atau 85% dikategorikan baik atau dapat menulis sistematika artikel ilmiah. Sisanya, 3 kelompok atau 15% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah. Isi pada penulisan judul, nama penulis, abstrak, metode penelitian, dan daftar pustaka mahasiswa dikategorikan baik karena lebih dari 75% sudah bisa menulis. Sisanya, pada penulisan pendahuluan, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran, mahasiswa dikategorikan perlu bimbingan dikarenakan hanya 25% yang dapat menulis dengan baik. Ketiga, kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia. Ditemukan beberapa kesalahan, yang perlu diperhatikan yakni kesalahan huruf kapital, huruf miring, tanda titik, tanda koma, dan kata baku. Kesalahan tersebut, dikarenakan mahasiswa kurang membaca karya ilmiah, sehingga pengetahuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia masih relatif kurang.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rian Damariswara
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:58
Last Modified: 14 Jan 2021 08:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item