Implementasi Model Pembelajaran Gal’perin untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Statistika

Soenarko, Bambang and Hunaifi, Abdul Aziz and Aka, Kukuh Andri (2020) Implementasi Model Pembelajaran Gal’perin untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Statistika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2). pp. 255-278. ISSN 2579-6461

[img] Text (Implementasi Model Pembelajaran Gal’perin untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Statistika)
86206_0704025601.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY-TURNITIN)
86206_0704025601_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (PEER REVIEW-KUKUH ANDRI AKA)
86206_0713118901_PEER REVIEW_KUKUH ANDRI AKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (755kB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui proses keterlaksanaan model Gal’Perin, hasil peningkatan aktivitas dan kemampuan berfikir kritis (KBK) mahasiswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus ditemukan bahwa bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh dosen model menggunakan model Gal’Perin dikatakan telah 100% berhasil. Untuk keaktifan mahasiswa menunjukan di atas skor ≥ 75% dan dapat dikatakan mahasiswa aktif. Skor rata-rata keaktifan belajar siswa dari siklus I selalu menunjukkan peningkatan dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya. Skor siklus I mencapai 72 dan siklus II mencapai 79. Rata-rata KBK sebagai wujud hasil belajar mahasiswa secara klasikal pada siklus 1 sejumlah 79 dan pada siklus 2 sejumlah 82, meski mengalami kenaikan namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan hal tersebut terbukti dari uji paired t-tes dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,149 yang artinya lebih besar dari 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil KBK siklus 1 dan siklus 2.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kukuh Andri Aka
Date Deposited: 12 Jan 2021 21:40
Last Modified: 12 Jan 2021 21:42
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item