NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG MACAPAT DHANDANGGULA SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

Setya Wiratama, Nara (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG MACAPAT DHANDANGGULA SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional dan Kongres APPS 2017, 13-15 Juli 2017, Aula Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan.

[img] Text (Prosiding)
87201_0729059101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (602kB)
[img] Text (Prosiding Peer Review)
87201_0729059101_PEER_REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (526kB)
[img] Text (Prosiding Similarity)
87201_0729059101_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tembang macapat merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kearifan lokal Indonesia yang keberadaan dan eksistensinya mulai menurun dan hampir ditinggalkan. Tembang Dhandanggula merupakan salahsatu dari tembang macapat yang masih populer dalam masyarakat desa dan memiliki nilai-nilai karakter yang patut untuk dianalisis serta diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Penulisan artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis nilai kearifan lokal, serta memberikan analisis dan sintesis nilai-nilai pendidikan karakter dalam tembang macapat dhandanggula kepada peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, yang dilengkapi dengan analisis isi dengan pendekatan hermeneutic, untuk memahami simbol yang dipakai dalam tembang. Pada langkah pertama heuristik akan dikumpulkan sumber sejarah berupa dokumen yang berkaitan. Hasil yang diharapkan adalah didapatkannya makna dari simbol-simbol yang terdapat dalam tembang macapat, sehingga dapat diketahui Nilai-Nilai Pendidikan Karakternya untuk kemudian dapat diimplementasikan kepada peserta didik. Tembang macapat berisi pesan-pesan moral yang sesuai bagi pembentukan karakter atau budi pekerti luhur peserta didik. Makna yang dimaksud antara lain pesan moral kepada anak-anak untuk memiliki kepribadian yang religius, tidak memiliki sifat sombong, mawas diri, gotong royong, mengutamakan kebersamaan, keselarasan dalam berhubungan dengan orang lain, serta saling menghargai. Kata Kunci: tembang, macapat, dhandanggula, nilai karakter, nilai tembang macapat dhandanggula, kearifan lokal

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 580 Humaniora social science > 610 Social sciences
580 Humaniora social science > 618 History (history)
710 Education science > 722 Historical education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nara Setya Wiratama
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:53
Last Modified: 05 Jan 2021 06:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item