Akbar Asy Syidiqie, Maulana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK SISWA KELAS II SDN BURENGAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060265.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060265_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (199kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (69kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (113kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060265_722039001_721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, penggunaan media masih berfokus pada guru, sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Selain itu, materi pecahan sering disampaikan dengan contoh benda yang tidak konkret yang membuat siswa tidak bisa memahami maksud dari materi. Kondisi ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah media pembelajaran berbasis media konkret untuk mengambarkan materi pecahan dalam bentuk papan tempel. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menentukan seberapa valid, praktis, dan efektif media media papan tempel dalam mendukung proses pembelajaran materi pecahan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Burengan 2 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon pengguna, dan soal tes evaluasi (posttest) hasil belajar siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon guru dan siswa, dan uji keefektifan melalui tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran papan tempel pecahan berbasis PBL yang dikembangkan memperoleh skor 85% dengan kategori “sangat layak” dari ahli media, sedangkan materi pecahan yang sudah dikembangkan memperoleh skor 86% dengan kategori “Sangat Layak” oleh ahli materi. Uji kepraktisan dengan menggunakan angket guru kelas II memperoleh skor 92% dengan kategori ‘Sangat Praktis”, sedangkan angket respon siswa memperoleeh skor 92,3% dengan kategori “Sangat Praktis”. Sedangkan hasil uji keefektifan pada uji coba skala terbatas memproleh nilai rata-rata 90, Sedangkan pada uji coba skala luas memperoleh nilai rata-rata 95,5. Dari hasil tes evaluasi siswa, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan tempel pecahan berbasis PBL merupakan media pembelajaran yang valid, praktis. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi guru, pengembang media, dan peneliti pendidikan dalam merancang pembelajaran materi berbasis PBL materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | papan tempel, pecahan, PBL |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Depositing User: | Maulana Akbar Asy Syidiqie |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |