Fitrianto, Ananda Akbar (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ERLANGGA (ELEKTRONIK ULAR TANGGA) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 4 SDN DATENGAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060080.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060080_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (350kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (714kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (897kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (477kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060080_0701058701_0006096801_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Ananda Akbar Fitrianto Pengembangan Multimedia Interaktif Erlangga (Elektronik Ular Tangga) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas 4 SDN Datengan, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2025. Kata kunci : multimedia interaktif, ular tangga, perubahan wujud benda, problem based learning. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan media konvensional seperti buku paket dan papan tulis dan belum menggunakan teknologi yang dapat meningkatkan interaktivitas dengan siswa. Selain itu, materi perubahan wujud benda disampaikan dengan metode ceramah dan hanya satu arah, sehingga interaksi guru dan siswa berkurang yeng mengakibatkan beberapa anak kurang memeahami. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah multimedia pembelajaran dipadukan permainan ular tangga berbasis problem based learning yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan interaksi siswa saat proses pembelajaran . Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menentukan seberapa valid, praktis, dan efektif multimedia interaktif erlangga berbasis problem based learning dalam mendukung proses pembelajaran materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Datengan 1 dan 2 yang berjumlah 19 dan 14 siswa. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon pengguna, dan soal tes evaluasi hasil belajar siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon guru dan siswa, dan uji keefektifan melalui tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif erlangga berbasis problem based learning yang dikembangkan memperoleh skor 82% dengan kategori “sangat layak” dari ahli media, sedangkan mater perubahan wujud benda yang sudah dikembangkan memperoleh skor 85% dengan kategori “Sangat Layak” oleh ahli materi. Uji kepraktisan dengan menggunakan angket guru kelas IV memperoleh skor 86% dengan kategori ‘Sangat Praktis”, sedangkan angket respon siswa memperoleeh skor 79% dengan kategori “Praktis”. Untuk mengentahui keefektifan media pembelajran pada dilakukan uji t independen, terdapat hasil yang signifikan antara post-test kelas eksperimen dengan kelas control, dengan nilai p< 0,05 (2-taled) dan p= 0,000. Dari hasil tes evaluasi siswa, media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud benda kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif erlangga berbasis problem based learning merupakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi perubahan wujud benda. Media ini dapat dijadikan alternatif solusi dalam mengatasi keterbatasan media berbasis teknologi yang dapat menjadi warna baru saat pembelajaran. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi guru, pengembang media, dan peneliti pendidikan dalam merancang media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Ular Tangga, Perubahan Wujud Benda |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ananda Akbar F. |
Last Modified: | 13 Aug 2025 10:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |