Dwi Ernawati, Nichen (2025) PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI NILAI-NILAI PANACASILA SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100178.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100178_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_06_Ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (112kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100178_0714118403_0704078402_07_Lamp.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian, hasil penelitian yang didapat yaitu bahwa guru pada kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Pada penggunaan media pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mempemudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang tidak menarik menjadi menarik, siswa kurang memahami terkait pada materi nilai-nilai pancasila. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan media pembelajaran cerita bergambar untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi dengan baik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) megetahui kevalidan dalam media pembelajaran cerita bergambar materi nilai-nilai pancasila kelas IV; 2) mengetahui kepraktisan dalam media pembelajaran cerita bergambar materi nilai-nilai pancasila kelas IV; 3) mengetahui keefektifan dalam media pembelajaran cerita bergambar materi nilai-nilai pancasila kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Peneiti memilih model ini karena sistematis dan mudah diaplikasikan. Tahapan dari model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu:1) Analysis (analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementation), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Karangrejo 1 Kediri sebanyak 30 siswa. Pada penelitian ini terdapat dua uji coba yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada tahap uji coba terbatas sebanyak 10 siswa yang ikut melakukan, sedangkan pada tahap uji coba luas sebanyak 20 siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran cerita bergambar materi nilai-nilai pancasila kelas IV adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria presentase nilai kontruksi media cerita bergambar sebesar 83% dan validitas materi 90% ; 2) dinytakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase angket respon guru sebesar 95% dan angket respon siswa sebesar 100% ; 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes soal siswa sebesar 92,5%. Berdasarkan persentase tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media subener dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi nilai-nilai pancasila kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pancasila, Cerita Bergambar, Media Pembelajaran |
Subjects: | 200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy 260 Medical science > 279 Physical medicine and rehabilitation 260 Medical science > 284 Internal disease 410 Engineering science > 428 Transportation 550 Economics > 560 Economics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | NICHEN DWI ERNAWATI |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |