PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PELUANG” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Purnamasari, Julia Auria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PELUANG” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI TATA SURYA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060244.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060244_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060244_0706128701_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas VI SDN 1 Patihan. Berdasarkan hasil observasi, guru masih menggunakan metode ceramah dan teacher centered (berpusat pada guru) saat mengajar, manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi atau IT kurang optimal, sehingga minat belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran “Peluang” berbasis Augmented Reality materi tata surya untuk siwa kelas VI sekolah dasar? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran “Peluang” berbasis Augmented Reality dalam pembelajaran materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran “Peluang” berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi tata surya kelas VI sekolah dasar? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengukur kevalidan media pembelajaran peluang berbasis Augmented reality dalam materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar. (2) Mengukur kepraktisan penggunaan media pembelajaran peluang berbasis Augmented Reality dalam materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar. (3) Mengukur keefektivan penggunaan media pembelajaran peluang bebasis Augmented Reality dalam materi tata surya untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta angket minat belajar siswa. Uji coba terbatas dilakukan pada 6 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa kelas VI SDN 1 Patihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran “Peluang” berbasis Augmented Reality memperoleh persentase kevalidan sebesar 96,5% sehingga media ini dikategorikan sangat valid. Angket respon guru dan siswa menunjukkan tingkat kepraktisan media dengan persentase 96,25%, yang berarti media sangat praktis digunakan. Selain itu, hasil peningkatan minat belajar siswa menggunakan uji N-gain memperolah peningkatan sebesar 0,8 yang masuk pada kategori tinggi sehingga mengindikasikan media ini sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar materi tata surya. Dengan demikian, media pembelajaran “Peluang” berbasis Augmented Reality layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar pada materi tata surya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media pembelajaran, minat belajar.
Subjects: 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city)
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 777 Other mipa education not yet listed
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 797 Curriculum development
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Julia Auria Purnamasari
Last Modified: 11 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22280

Actions (login required)

View Item View Item