PENGEMBANGAN MEDIA WEB FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI PROVINSI JAWA TIMUR BAGI SISWA KELAS V SDN PLOSO

Debriliya, Ica Fatma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA WEB FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI PROVINSI JAWA TIMUR BAGI SISWA KELAS V SDN PLOSO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060205.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060205_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAb 5)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060205_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keberagaman budaya di Provinsi Jawa Timur serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kevalidan media web flipbook berbasis augmented reality pada materi keberagaman budaya? (2) Bagaimana kepraktisan penggunaan media tersebut? (3) Bagaimana keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan dalam beberapa tahap mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, hingga evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ploso Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media web flipbook berbasis augmented reality. Kevalidan diperoleh melalui penilaian ahli media dan materi dengan hasil minimal 71% untuk dikategorikan valid. Kepraktisan dilihat dari respons guru dan siswa terhadap kemudahan dan manfaat penggunaan media, dengan skor ≥81% menunjukkan kategori sangat baik. Keefektifan diukur dari hasil post-test yang dikerjakan siswa, dan media dinyatakan efektif jika mencapai minimal 81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media web flipbook berbasis augmented reality dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan skor 89,09% dan materi dengan skor 96%, (2) Media ini dinyatakan praktis oleh guru dengan skor 86,67% dan siswa dengan skor 91,43%, (3) Penggunaan media terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur melalui hasil post-test dengan skor 95,75%. Berdasarkan temuan ini, media web flipbook berbasis augmented reality direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran IPS materi keberagaman budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Web Flipbook, Augmented Reality, Keberagaman Budaya
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ica Fatma Debriliya
Last Modified: 10 Aug 2025 12:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item