ANALISIS TINDAKAN BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN PETUNGROTO

Sanjaya, Sofyan Dea (2025) ANALISIS TINDAKAN BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN PETUNGROTO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060044.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060044_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060044_0714118403_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak tindakan bullying terhadap motivasi belajar siswa di SDN Petungroto serta peran guru dalam penanganan dan pencegahannya. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa bullying di lingkungan sekolah menghambat siswa meraih potensi terbaik mereka, menyebabkan penurunan motivasi belajar, kecemasan, dan kesulitan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang mengalami bullying dan peran guru terhadap tindakan bullying di SDN Petungroto. Metode penelitian melibatkan observasi langsung terhadap kasus bullying di SDN Petungroto wawancara mendalam dengan Ibu Anik Mu’alifah, S.Pd selaku Guru dan pimpinan TPK (Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan) , serta dokumentasi berupa foto untuk memperkuat data. Analisis data dilakukan dengan proses sistematis pengumpulan, penyaringan, dan pemunculan makna dari data yang telah diklasifikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan bullying yang dialami siswa di SDN Petungroto, baik fisik (penendangan, pemukulan, pencubitan, penjambakan), verbal (ejekan, hinaan, fitnah, ancaman), maupun sosial (pengucilan, pengabaian), secara signifikan memengaruhi kondisi psikologis dan motivasi belajar siswa. Korban cenderung mengalami ketakutan, kekhawatiran, minder, malu, dan ketidakpercayaan diri yang mendalam. Penurunan motivasi belajar intrinsik terlihat dari rendahnya partisipasi aktif dalam interaksi kelas meskipun secara subyektif menyatakan semangat belajar yang tinggi. Peran guru di SDN Petungroto dalam menangani bullying sangat proaktif dan holistik. Guru melakukan pemisahan, penenangan, dialog personal dengan siswa dan orang tua, serta memberikan pendidikan karakter untuk bullying fisik. Untuk bullying verbal, guru menggunakan pendekatan persuasif dan diskusi kolektif. Dalam mendeteksi bullying sosial, guru menunjukkan kepekaan terhadap tanda non-verbal dan berupaya mengintegrasikan korban melalui kerja kelompok. Guru juga memberikan dukungan motivasi dan menerapkan hukuman edukatif yang berfokus pada refleksi diri dan tanggung jawab, serta melakukan koordinasi berkelanjutan dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Motivasi Belajar, Peran Guru
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 795 Educational psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sofyan Dea Sanjaya
Date Deposited: 10 Aug 2025 11:17
Last Modified: 10 Aug 2025 11:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item