UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DI SMA NEGERI 8 KEDIRI

Alfiaz, Heni (2025) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEHADIRAN SISWA MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DI SMA NEGERI 8 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010007_705068605_0716046202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (862kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010007_705068605_0716046202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010007_705068605_0716046201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010007_705068605_0716046202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010007_705068605_0716046202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB)
[img] Text (References)
RAMA-86201_2114010007_705068605_0716046202_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA-86201_2114010007_705068605_0716046202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Ketidakhadiran yang berulang dapat menyebabkan ketertinggalan materi, rendahnya motivasi belajar, dan prestasi akademik yang menurun. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan intervensi dari berbagai pihak, khususnya melalui layanan konseling individual oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru BK dalam meningkatkan kehadiran siswa melalui konseling individual di SMA Negeri 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru BK dan empat siswa yang memiliki permasalahan kehadiran. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK memberikan motivasi personal, membangun komunikasi empatik, melibatkan wali kelas dan orang tua, serta melakukan pemantauan dan tindak lanjut terhadap siswa. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, jumlah siswa yang banyak, dan kurangnya keterbukaan siswa. Meskipun demikian, guru BK tetap menjalankan layanan secara konsisten dan profesional. Kesimpulannya, layanan konseling individual terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya kehadiran. Layana ini perlu dikembangkan lebih lanjut dengan dukungan dari pihak sekolah dan kerja sama antara guru BK, wali kelas, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, Kehadiran Siswa, Guru BK, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Heni Alfiaz
Last Modified: 10 Aug 2025 00:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22168

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item