PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PGRI 1 KEDIRI

Rahmah, Farikha (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PGRI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010008.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010008_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (688kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_072803830_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010008_0726079001_0728038306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam pencapaian prestasi akademik siswa, terutama pada tingkat SMP di lingkungan perkotaan. Di SMP PGRI 1 Kediri, masih ditemukan siswa yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar, seperti kurang konsentrasi, ketidakhadiran, serta sikap bosan dalam belajar. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan layanan bimbingan yang dapat membantu siswa meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah kelompok bimbingan dengan teknik diskusi, yang bertujuan membangun keterlibatan siswa, meningkatkan kesadaran belajar, serta memupuk komitmen dalam proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP PGRI 1 Kediri. Motivasi belajar menjadi aspek penting dalam pencapaian keberhasilan akademik, terutama bagi siswa yang menghadapi tantangan pada minat dan konsentrasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar sebagian siswa, yang ditunjukkan melalui perilaku tidak menyelesaikan tugas, membolos, rasa takut saat pelajaran, serta pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik pre-experimental dengan bentuk one group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah, ditentukan melalui purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner motivasi belajar berbasis skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Pretest dan Posttest setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Skor Pretest motivasi belajar menunjukkan rata-rata rendah, sedangkan skor Posttest meningkat signifikan setelah intervensi. Analisis uji-t berpasangan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari intervensi terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Siswa menunjukkan peningkatan fokus, kedisiplinan, keaktifan, serta perhatian selama proses pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa teknik diskusi efektif diterapkan dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk menumbuhkan motivasi dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teknik diskusi kelompok, motivasi belajar siswa
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farikha Rahmah
Date Deposited: 10 Aug 2025 11:18
Last Modified: 10 Aug 2025 11:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item