Rasid Farhan Daroin, Rasid (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BANGUN PINTAR PADA MATERI SIFAT BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS 4 SDN BURENGAN 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060290.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060290_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (90kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (870kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (590kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 10 January 2030. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (466kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 10 January 2030. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (953kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 10 January 2030. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (137kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_06.ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060290_0722039001_0705069001_07.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 10 January 2030. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara guru kelas 4, berdasarkan dari hasil angket kebutuhan siswa yang telah disebarkan di SDN Burengan 4 khususnya pada kelas 4. Siswa di kelas 4 mayoritas masih mengalami kesulitan dalam membedakan antara bangun datar yang mirip, seperti persegi panjang dan jajargenjang, atau belah ketupat dan layang-layang. Selain itu, rendahnya partisipasi aktif siswa di kelas juga menjadi masalah utama dan kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Rumusan Permasalahan meliputi (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4? Tujuan penelitian ini (1) kevalidan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4 (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4 (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Bangun pintar pada materi sifat bangun datar untuk siswa kelas 4 SDN Burengan 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Media bangun pintar dinyatakan sebagai media yang valid. Kevalidan media dapat dilihat dari hasil validasi media mendapatkan nilai sebesar 90%. Sedangkan validasi materi memperoleh nilai 83,63%. Dengan demikian media bangun pintar dapat dikatakan sangat valid. (2) Media bangun pintar dinyatakan praktis. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket respon guru mendapatkan respon sebesar 88% dan angket respon siswa 89% . Dengan demikian media bangun pintar dapat dikatakan sangat praktis. (3). Keefektifan pengembangan media bangun dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa pada uji coba dengan menggunakan uji coba memperoleh skor 83,33% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media bangun pintar dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Construct 3, Bangun Datar, Bangun Pintar, Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Rasid Farhan Daroin |
Last Modified: | 09 Aug 2025 14:10 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22129 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |