Wulandari, Retno Puspita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA EDU GAMES BERBASIS ONLINE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 NGROMBOT. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060221.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060221_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (320kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (363kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (800kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060221_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penelitian yang dilakukan di SDN 1 Ngrombot terungkap bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi mengenai perubahan wujud benda, terjadi penurunan minat belajar siswa yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang monoton, terbatas pada penggunaan sumber belajar dari buku pelajaran sekolah dan terdapat respons siswa juga menurun ketika diminta menjawab pertanyaan seputar perubahan wujud benda. Tujuan penelitian ini dan pengembangan ini yaitu (1) Untuk mengetahui kevalidan Media Edu Games Berbasis Online pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ngrombot. (2)Untuk mengetahui respon siswa pada Media Edu Games Berbasis Online pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ngrombot. (3)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Media Edu Games Berbasis Online pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Ngrombot. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) (Research and Development) dengan model 4D terdiri dari 4 tahap utama: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Ngrombot yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. (1) Berdasarkan hasil uji kevalidan diperoleh persentase penilaian sebesar 92% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Kedua nilai diakumulasikan menjadi 91% yang menunjukan kategori sangat valid. (2) Berdasarkan data angket respon siswa, diketahui skor respon sebesar 96% dari 5 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 98% dari 15 siswa pada uji coba kelompok besar. Kedua nilai diakumulasikan menjadi 97%. Yang menunjukan kategori sangat layak. (3) Berdasarkan hasil belajar, diperoleh rata-rata nilai pretest 43,25, sedangkan rata-rata nilai posttest 90,25. Artinya nilai rata-rata posttest 90,25 > 43,25 dibanding dengan nilai rata-rata pretest. analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan posttest adalah signifikan secara statistik. Dapat disimpulkan bahwa media Edu Games yang dikembangkan sangat valid dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, sangat layak dari hasil angket respon siswa dan media Edu Games terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edu Games, Media Pembelajaran, dan Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Animal science > 221 Sain veterinary 260 Medical science > 270 Medical science specialist 710 Education science > 731 Sociology education (social sciences) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Retno Puspita Wulandari |
Last Modified: | 09 Aug 2025 04:37 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22034 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN MEDIA EDU GAMES BERBASIS ONLINE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 NGROMBOT. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |