PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN DEYENG KABUPATEN KEDIRI

Pradana, Sendy Senandika Aji (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN DEYENG KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100071.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100071_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (381kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100071_0710059001_0701058701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi pada bulan Agustus 2024 di SDN Deyeng Kabupaten Kediri, permasalahan dari 17 peserta didik sebesar 60% hasil belajar pada materi harmoni dalam ekosistem masih dibawah KKM, dan kurangnya minat peserta didik untuk belajar mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) disebabkan media yang digunakan disekolah hanyalah sumber belajar yang berisikan gambar dan teks teori, dan setiap peserta didik tidak memegang media pelajaran sendiri yang hanya mendengar penjelasan dari gurunya, sehingga penulis tertarik untuk memadukan media bacaan dan teknologi secara bersamaan yang sering digunakan peserta didik. Media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar karena membantu menyampaikan pelajaran dengan cara yang lebih efektif, menarik, dan mudah dipahami peserta didik. Media dengan teknologi Augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media simulasi berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN Deyeng Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau (Research and Development). Model yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu ahli media pembelajaran dan ahli isi atau materi, peserta didik kelas V yang berjumlah 25 orang dengan 14 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan dan 1 orang guru kelas. Teknik analisis data dihitung kemudian dirubah menjadi analisis deskriptif. Uji analisis kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi materi, validasi media, uji kevalidan, uji keefektifan dan uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan media simulasi berbasis Augmented Reality yang dikembangkan sangat valid dengan hasil validasi ahli media menunjukkan 85% (kategori valid), dan dari validasi ahli materi menunjukkan 82% (kategori valid). Uji kepraktisan dari guru memperoleh skor 92% (kategori sangat praktis) sedangkan uji kepraktisan siswa memperoleh 81% (kategori praktis). Keefektifan media ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81% siswa tuntas setelah menggunakan media. Dengan demikian, media Augmnented Reality terbukti valid, praktis, serta efektif digunakan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Khususnya pada materi harmoni dalam ekosistem di kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Simulasi, Augmented Reality, Harmoni Dalam Ekosistem
Subjects: 410 Engineering science > 458 Technical information
410 Engineering science > 459 Computer science
660 Art, design and media > 681 Art creation
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SENDY SENANDIKA AJI PRADANA
Last Modified: 09 Aug 2025 02:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item