PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHWARAS 2

Hafis, Wildan Fadhil (2025) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHWARAS 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060028.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060028_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (629kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BABA 5)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060028_0714118403_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Sugihwaras 2. Ditemukan bahwasanya ketika proses pembelajaran khusunya materi mengidentifikasi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan guru hanya menggunakan metode ceramah dengan tanpa media apapun sehingga siswa dipaksa untuk menerima dan menghafal serta proses pembelajaran kurang bervariasi. Sehingga mengakibatkan hasil belajar belum optimal, hal itu ditunjukkan dari rata- rata hasil nilai evaluasi siswa berada di bawah KKM yaitu 50 dari target KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi yang didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri Sugihwaras 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis Pre-Ekesperimental Desain bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sugihwaras 2 yang berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis, dan data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest. Nilai signifikansi dari uji t menunjukkan hasil < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian, metode demonstrasi yang didukung media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Media Gambar, Bagian Tumbuhan, IPA, Hasil Belajar.
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: WILDAN FADHIL HAFIS
Last Modified: 08 Aug 2025 19:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item