PENGARUH RATING, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK DAVIENA SKINCARE

Aprilika, Selfia Dwi (2025) PENGARUH RATING, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK DAVIENA SKINCARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_61201_2112010305.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010305_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010305_0706108902_0730127403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya aktivitas belanja daring melalui media sosial, khususnya Tiktok Live, yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka. Salah satu akun yang aktif dalam kegiatan tersebut adalah DAVIENA SKINCARE OFFICIAL. Melalui siaran langsung, konsumen tidak hanya melihat produk, tetapi juga mendapatkan informasi, promosi, dan penilaian secara real-time dari pembeli lain. Hal ini memengaruhi cara konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, baik secara emosional maupun rasional. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sejauh mana online customer rating, promosi, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform Tiktok Live. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, serta 4) pengaruh online customer rating, promosi, dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 78 responden yang merupakan konsumen aktif Tiktok Live Daviena Skincare Official. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan online customer rating tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai Fhitung sebesar 107,543. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,813 menunjukkan bahwa 81,3% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi promosi dan penetapan harga yang tepat memiliki peran penting dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen melalui platform digital. Meskipun online customer rating tidak terbukti berpengaruh signifikan secara parsial, tetap disarankan bagi pelaku usaha untuk menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan agar ulasan tetap positif dan membentuk persepsi konsumen yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rating, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian.
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Selfia Dwi Aprilika
Last Modified: 08 Aug 2025 18:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21953

Actions (login required)

View Item View Item