Yuniyar Rahmawati, Nana (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN GAME EDUKASI “JEJAK TUMBUHAN” PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN SEBET. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060036.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060036_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (663kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (647kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (957kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_06.ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (189kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060036_0705069001_0719048206_07.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV SDN Sebet memiliki hasil beajar yang rendah pada materi bagian tubuh tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu, peneliti akan mengembangkan multimedia interaktif menggunakan game edukasi “jejak tumbuhan”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) untuk mengetahui kevalidan multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan” yang digunakan, 2) untuk mengetahui kepraktisan multimedia interaktif menggunakan game edukasi “jejak tumbuhan” yang digunakan, 3) untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”yang digunakan. Peneliti menggunakan metode Research & Development (R&D). Pengembangan multimedia interaksi dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan” ini menggunakan model ADDIE. Tahap uji coba terbatas dilakukan pada kelas IV SDN Sebet sebanyak 10 siswa dan uji coba luas di lakukan pada kelas IV SDN Sebet sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) uji kevalidan untuk mengetahui kevalidan dari multimedia dan materi pembelajaran, (2) uji kepraktisan dengan skala likert untuk mengetahui kepraktisan dari multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”, (3) uji keefektifan dengan skala likert untuk mengetahui kepraktisan dari multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah 1) multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”mendapatkan nilai rata-rata 90% dari validator materi dan multimedia, artinya multimedia interaktif yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi, 2) Multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”memperoleh respon guru 92% masuk dalam kategori sangat praktis, 3) Multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”dinyatakan efektif diperoleh dari rata-rata nilai siswa 87% siswa memenuhi KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan perpaduan game edukasi “jejak tumbuhan”ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan viii
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Game Edukasi, Materi Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nana Yuniar Rahmawati |
Last Modified: | 08 Aug 2025 15:20 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |