PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CDL (CONTEXTUAL DIGITAL LITERACY) PADA MATERI JUAL BELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BULUSARI 3

Hidayat, Aswin Fahrul (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CDL (CONTEXTUAL DIGITAL LITERACY) PADA MATERI JUAL BELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BULUSARI 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060209.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060209_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (869kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060209_0706128701_0024086901_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di SDN Bulusari 3 kelas IV mata pelajaran IPAS materi kegiatan jual beli yang menunjukkan hasil bahwa siswa kelas IV masih kesulitan memahami materi yang dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa adalah 43. Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menggunakan bahan ajar yang kurang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu dikembangkan bahan ajar yang inovatif sesuai dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kevalidan, 2) kepraktisan, dan 3) keefektifan bahan ajar literasi digital. Metode yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan melalui angket validasi bahan ajar dan materi, angket respon siswa, serta pretest dan posttest yang dilakukan siswa. Melalui hasil validasi ahli bahan ajar dan materi didapatkan presentase 86% dan 89% yang dapat dikatakan bahan ajar sudah valid. Selanjutnya pada pemberian angket respon siswa didapatkan skor presentase 90% yang menyatakan bahwa bahan ajar sudah praktis digunakan. Pada pretest yang dikerjakan siswa didapatkan nilai rata-rata 54. Sedangkan posttest yang dikerjakan siswa didapatkan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, maka bahan ajar literasi digital dapat dikatakan sudah efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis CDL (Contextual Digital Literacy) pada materi jual beli untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulusari 3 dapat disimpulkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada kevalidan memperoleh skor 87,5%, kepraktisan memperoleh skor 90%, serta keefektifan memperoleh skor rata-rata pretest 54 dan skor rata-rata posttest 80.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Jual Beli, Hasil Belajar
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Aswin Fahrul Hidayat
Last Modified: 08 Aug 2025 15:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21849

Actions (login required)

View Item View Item