PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAMES PUNTADEWA UNTUK MEREDUKSI CYBERBULLYING PADA SISWA SMK DI KABUPATEN NGANJUK

Fitria, Yeny Lailatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAMES PUNTADEWA UNTUK MEREDUKSI CYBERBULLYING PADA SISWA SMK DI KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_2014010032.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010032_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (905kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010032_0728038306_0705068606_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil need asesmen yang dilakukan oleh peneliti dengan cara observasi dan juga wawancara terhadap guru Bimbingan dan Konseling pada salah satu SMK di Kabupaten Nganjuk. Pada tahap ini banyak ditemukan siswa yang mengalami kasus cyberbullying, hal ini juga di jelaskan oleh guru Bimbingan dan Konseling yang menerangkan bahwa ada siswa yang sedang mengalami kasus cyberbullying antar siswa yang bersekolah di SMP X dengan SMK X yang dilatarbelakangi dengan kesalahfahaman antar persepsi sehingga kasus tersebut larut dan di bawa ke dunia cybermedia sehingga nama sekolah ikut tercemar. Dari kasus yang telah di temukan di lapangan maka peneliti tertarik untuk membuat sebuah produk berupa board game Puntadewa dengan tujuan untuk mereduksi kasus cyberbullying yang di kembangkan serta memiliki keberterimaan secara teoritis dan juga praktis sebagai salah satu media Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian RnD (Reset and Development) dengan menerapkan teori dari Borg and Gall, yang sudah dimodifikasi menjadi 7 langkah dari 10 langkah yang ada yaitu, tahap (1) potensi dan masalah, tahap (2) pengumpulan data awal, tahap (3) desain produk, tahap (4) validasi desain, tahap (5) revisi desain, tahap (6) uji coba produk awal, tahap (7) revisi produk. Subjek penelitian yaitu siswa SMK. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket cyberbullying dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif diperoleh dari angket dan teknik analisis data deskriptif kualitatif diperoleh dari hasil kritik, saran, dan tanggapan ahli. Permainan media board game Puntadewa untuk mereduksi kasus cyberbullying pada siswa SMK di Kabupaten Nganjuk ini diterapkan dengan menggunakan metode layanan bimbingan kelompok. Media board game Puntadewa ini terdiri dari: papan media, katu, pion, dadu, dan buku panduan. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini sudah melalui 3 tahap, uji ahli materi dengan skor kelayakan 72,5%, uji ahli media dengan skor kelayakan 93,22%, uji ahli pengguna media dengan skor kelayakan 92,70%. Dari hasil yang diperoleh maka media board game Puntadewa yang telah dikembangkan oleh peneliti termasuk kategori sangat layak dan dapat digunakan. Simpulan dari penelitian ini, pengembangan media board game Puntadewa untuk mereduksi kasus cyberbullying pada siswa SMK di Kabupaten Nganjuk dapat diterima secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media BK. Kemudian saran dari penelitian ini bagi guru Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat menggunakan media permainan board game Puntadewa dalam proses pemberian layanan bimbingan kelompok, dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media board game Puntadewa yang lebih berinovasi dengan menggunakan materi untuk permasalahan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Board game, Puntadewa, cyberbullying, siswa
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Yeny Lailatul Fitria
Last Modified: 08 Aug 2025 15:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item