Annisa, Eka Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN KARTOHARJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060234.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060234_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (639kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (494kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (150kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (260kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060234_706128701_0724077901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Eka Nur Annisa Pengembangan Media Video Interaktif Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDN Kartoharjo 1, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2025. Kata Kunci : Video Interaktif, Perubahan Wujud Benda, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti di kelas V SDN Kartoharjo 1. Permasalahan yang ditemukan di SDN Kartoharjo 1 adalah (1) Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang bervariasi dan monoton yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa (2) Guru mengajar menggunakan metode ceramah dan menggunakan media hanya pada mata pelajaran tertentu berupa gambar atau powerpoint sehingga kurang menarik perhatian siswa (3) Kebiasaan guru mengunakan buku LKS dan buku paket sebagai media dan sumber belajar bagi siswa sehingga media video interaktif kurang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran video interaktif materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kartoharjo 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan RnD (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kartoharjo 1 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dengan guru, teknik angket validasi ahli media dan ahli materi dan angket respon guru dan siswa, serta teknik tes yaitu pre-test dan post-test yang ditujukan untuk siswa. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran video interaktif materi perubahan wujud benda divalidasi melalui dua tahap: validasi ahli media memperoleh rata-rata mencapai 90% dan validasi ahli materi memperoleh rata-rata mencapai 91%, sehingga tergolong sangat valid dengan rata-rata 90%. (2) Respon dari guru dan siswa setelah penggunaan media video interaktif materi perubahan wujud benda menunjukkan hasil 97% untuk keduanya, menandakan bahwa media ini sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. (3) Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan dari pre-test mencapai rata-rata 53% dan post-test mencapai rata-rata 90%, sedangkan uji coba luas menunjukkan pre-test rata-rata mencapai 52% dan post-test rata-rata mencapai 87%. Keduanya melebihi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu 79. Dengan demikian, media pembelajaran video interaktif ini sangat layak dan efektif untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Interaktif, Perubahan Wujud Benda, Hasil Belajar |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 660 Art, design and media > 709 Product design 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 777 Other mipa education not yet listed 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eka Nur Annisa |
Last Modified: | 08 Aug 2025 15:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |