Totti, Ilham Syah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR TAR (TECHNOLOGY AUGMENTED REALITY) BERBASIS ULAR TANGGA PADA MATERI IPAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060238 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (358kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060238_0706128701_0024086901_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060238_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (286kB) |
Abstract
Kata kunci : media ajar, technology augmented reality, ular tangga, IPAS, Minat Belajar Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi awal di SDN Mojoroto 4, Kota Kediri, menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi Kekayaan Budaya Indonesia masih kurang maksimal dan lebih banyak mengandalkan buku teks dan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan kurangnya minat dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa menunjukkan ketertarikan yang rendah terhadap materi IPAS, yang mengindikasikan kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar (TAR) Technology Augmented Reality berbasis ular tangga pada materi IPAS untuk siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Secara spesifik, penelitian ini ingin mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan minat belajar siswa . Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi (ahli materi, ahli media, ahli minat belajar), angket respons siswa serta angket minat belajar. Analisis data meliputi pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan perhitungan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menggunakan rumus tertentu, termasuk uji N-Gain untuk efektivitas . Hasil validasi menunjukkan bahwa media ajar TAR berbasis ular tangga ini sangat valid. Validasi ahli materi mencapai 88%, ahli media 84%, dan ahli minat belajar 95%, dengan rata-rata keseluruhan 89%, menunjukkan bahwa produk sangat layak untuk diimplementasikan. Dari segi kepraktisan, angket respons siswa pada uji coba terbatas memperoleh 90% dan uji coba luas 95%, mengindikasikan bahwa media ini sangat praktis. Untuk keefektifan, nilai rata-rata angket awal minat belajar siswa adalah 65% dan meningkat menjadi 85% pada angket akhir atau meningkat sebanyak 20%, dengan skor N-Gain mencapai 0,57 yang termasuk kategori sedang. Ini menunjukkan bahwa media ajar technology augmented reality berbasis ular tangga cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media ajar, technology augmented reality, ular tangga, IPAS, Minat Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ilham Syah Totti |
Last Modified: | 08 Aug 2025 14:31 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |