Bahari, Andrean Ryanta (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 NGRENGKET SUKOMORO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85201_18101090127.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85201_18101090127_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (421kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_0721088702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_0721088702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_0721088702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_14078903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_14078903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_0721088702_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (154kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85201_18101090127_0714078903_0721088702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang sering dialami oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran olahraga khususnya pada materi renang gaya dada. Salah satu kendala yang dialami yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Penggunaan metode pembelajara yang cenderung monoton, dapat menyebabkan siswa akan merasa cepat bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Akibatnya, tujuan dari pembelajaran tidak tercapai dengan sempurna, dimana tujuan pembelajaran itu sendiri adalah agar siswa bisa melakukan gerak dasar renang gaya dada khususnya pada posisi tubuh, gerakan lengan, gerakan kaki, gerakan meluncur, gerakan bernafas serta gerakan koordinasi. Seorang guru pendidikan jasmani harus mampu melakukan berbagai pendekatan agar peserta didik lebih termotivasi dan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran yang diberikan. Salah satu pendekatan atau metode yang dapat digunakan adalah peer teaching (tutor sebaya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode peer teaching (tutor sebaya) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran renang gaya dada di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam bentuk proses berdaur (siklus). Setiap siklus terdiri atas empat tahapan (fase) yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Ngrengket Sukomoro yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, lembar catatan lapangan, dan lembar hasil tes renang gaya dada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran renang gaya dada. Berdasarkan hasil tes keterampilan renang peserta didik yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, didapatkan peningkatan sebesar 12,1 yaitu dari 68,95 (presentase ketuntasan 47,4%) menjadi 81,05 (presentase ketuntasan 89,5%). Peningkatan presentase ketuntasan dari siklus I dan siklus II juga turut membuktikan bahwa pelaksanaan metode tutor sebaya yang dilakukan pada kedua siklus ini telah berjalan dengan baik dan efisien. Selain itu berdasarkan hasil pengamatan peneliti dan observer dalam lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II turut mengalami peningkatan. Pada siklus II, penelitian dapat terbilang cukup karena sudah mencapai hasil yang sangat baik atau telah mencapai indikator keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Renang, Gaya Dada, Keterampilan, Hasil Belajar |
Subjects: | 260 Medical science > 276 Sports medicine 340 Health sciences > 361 Sports science 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 764 Sports coaching education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | ANDREAN RYANTA BAHARI |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 11:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 11:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |