Putri, Nanda Destya (2025) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN ASERTIF SISWA KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2114010055.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010055_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010055_0709116101_0720018601_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasar pada hasil observasi yang sudah dilakukan peneliti di SMK PGRI 2 Kediri menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum mampu menyampaikan pendapat secara terbuka, kurang mampu menolak ajakan negatif, dan sulit menyampaikan perasaan mereka dengan jujur sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi pasif hal ini berkaitan dengan kurangnya efikasi diri pada kemampuan yang dimiliki siswa untuk menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan asertif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi pada subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Data dikumpulkan melalui skala efikasi diri dan skala perilaku asertif yang diberikan pada sampel sejumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket efikasi diri dan angket kemampuan asertif yang sudah melalui uji validitas dan uji relibilitas. Data yang diperoleh berupa angka-angka yang diujur menggunakan statistik, data hasil penelitian dilakukan uji prasyarat dan uji korelasi dengan SPSS versi 26. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara efikasi diri siswa dengan kemampuan asertif, hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,60 yang menunjukkan adanya hubungan kuat antara efikasi diri dan kemampuan asertif. Hasil temuan penelitian terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan kemampuan asertif siswa, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini dapat diambil kesimpulan semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi juga tingkat kemampuan asertif siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada layanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam membantu siswa meningkatkan efikasi diri dan kemampuan asertif. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan teknik dan pendekatan yang berbeda yang memungkinkan untuk mendapat hasil penelitian yang lebih luas dan mendalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri, Kemampuan Asertif |
Subjects: | 710 Education science > 731 Sociology education (social sciences) 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nanda Destya Putri |
Last Modified: | 08 Aug 2025 13:31 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |