REDESIGN UI E-LEARNING SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Aviva, Mieta Silvia (2025) REDESIGN UI E-LEARNING SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_57201_2113030089.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_57201_2113030089_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_57201_2113030089_0721029101_0713018402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah aspek yang sangat penting bagi setiap individu, karena melalui pendidikan, kualitas suatu bangsa dapat ditingkatkan, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong munculnya e-learning sebagai solusi pembelajaran modern. Namun, banyak platform e-learning belum dirancang sesuai kebutuhan pengguna, terutama dalam aspek UI dan User Experience UX, sehingga mengakibatkan pengalaman belajar yang kurang efektif. User Centered Design (UCD) adalah metode yang menempatkan pengguna sebagai fokus utama dalam proses desain. SMA Negeri 1 Purwoasri telah menerapkan e-learning, namun penggunaannya masih rendah karena tampilan dan fitur yang rumit. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rekomendasi desain perancangan user interface e-learning yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pengguna melalui pendekatan metode User Centered Design (UCD). Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui hasil penerapan UCD terhadap peningkatan minat pengguna dalam menggunakan e-learning. Dengan menerapkan UCD, diharapkan pengalaman pengguna menjadi lebih positif, sehingga mampu mendorong peningkatan ketertarikan dan partisipasi aktif dalam memanfaatkan platform e- learning secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UCD berhasil meningkatkan kualitas nilai learnability pada murid hanya mencapai 76%, sedangkan guru memperoleh 73%. Setelah redesain, kedua kelompok pengguna, baik murid maupun guru, menunjukkan peningkatan hingga 100%, Dari segi efficiency, terjadi lonjakan yang sangat mencolok. efisiensi murid meningkat dari 0,012 tasks/second menjadi 0,063 tasks/second, sementara guru naik dari 0,0083 tasks/second menjadi 0,052 tasks/second (kategori “Sangat Cepat”), dan aspek satisfaction yang diukur melalui metode SUS juga menunjukkan hasil positif. Skor SUS meningkat dari 40,05 dengan grade scale F yang menunjukkan adjective "Poor" dan "Acceptibility Not Acceptable”, menjadi 72,18, yang tergolong dalam kategori acceptable dengan adjective rating "Good" dan mendapat grade C menandakan perbaikan signifikan dalam kepuasan dan penerimaan pengguna. Pendekatan User Centered Design (UCD) terbukti efektif dan mampu memberikan solusi yang konkret dan terarah terhadap permasalahan desain pada sistem e-learning. Dengan menempatkan kebutuhan dan kenyamanan pengguna sebagai fokus utama dalam setiap tahapan perancangan, UCD dapat menghasilkan antarmuka yang lebih intuitif, mudah digunakan, dan sesuai dengan konteks penggunaan, sehingga meningkatkan kualitas pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-learning, system usability scale, user centered design, User Experience, User Interface
Subjects: 410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Sistem Informasi
Depositing User: Mieta Silvia Aviva
Date Deposited: 08 Aug 2025 12:16
Last Modified: 08 Aug 2025 12:16
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item