Adelia, Tresya Dela (2025) HUBUNGAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP SELF EFFICACY DAN SELF CONFIDENCE DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMAN 1 PAPAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2114010039.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010039_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010039_0708068904_0709116101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fungsi bimbingan karir dalam mendukung peserta didik agar mampu mengenali potensi diri dan menentukan arah karir yang sesuai dengan minat, bakat, serta kemampuan yang dimiliki. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah memiliki peran strategis dalam menyediakan layanan bimbingan yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam merancang perencanaan karir secara sistematis dan terarah. Meskipun demikian, hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang merasa ragu dan bingung dalam memilih jalur karir, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap potensi diri serta rendahnya tingkat kepercayaan dan keyakinan dalam mengambil keputusan terkait masa depan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan karir dengan self efficacy serta hubungan antara bimbingan karir dengan self confidence dalam perencanaan karir peserta didik kelas XI. Bimbingan karir merupakan bagian dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah yang diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan self efficacy dan self confidence dalam merencanakan karir yang sesuai dengan potensi diri mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa kelas XI yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui skala bimbingan karir, skala self efficacy, dan skala self confidence. Uji validitas dilakukan menggunakan Pearson Product Moment, sementara reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas dengan ANOVA, yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan hubungan antar variabel bersifat linear. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson dengan nilai koefisien korelasi (r). Hasil penelitian ini (1) menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara bimbingan karir dengan self efficacy dalam perencanaan karir siswa dengan koefisien korelasi product moment senilai 0,234 > 0,196 (r tabel) yang termasuk dalam kategori korelasi lemah. (2) Menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara bimbingan karir dengan self confidence dalam perencanaan karir siswa dengan koefisien korelasi product moment senilai 0,648 > 0,196 (r tabel) yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin berkualitas layanan bimbingan karir yang diberikan, maka semakin besar pengaruhnya dalam membentuk kesiapan siswa, terutama dalam hal self efficacy dan self confidence dalam perencanaan karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Oleh karena itu, peserta didik perlu memahami potensi diri untuk membangun self efficacy dan meningkatkan self confidence agar mampu mengambil keputusan karir secara percaya diri. Guru BK dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar merancang layanan bimbingan karir yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga memperkuat aspek psikologis siswa. Sekolah diharapkan mendukung layanan tersebut melalui program terstruktur dan kegiatan pendukung seperti orientasi karir atau kunjungan dunia kerja. Penelitian selanjutnya disarankan melibatkan responden lebih banyak, menggunakan metode tambahan seperti wawancara dan observasi, serta menyebarkan instrumen secara tatap muka guna meningkatkan akurasi data.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan karir, self efficacy, self confidence |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Tresya Dela Adelia |
Last Modified: | 08 Aug 2025 10:27 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |