Fitrianty, Dewi Devanda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN BULUSARI 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060076.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060076_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (852kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (825kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060076_0719109101_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara kepada guru kelas 5 SDN Bulusari 3 yang menunjukkan bahwa terjadi beberapa permasalahan pada materi sistem pencernaan pada manusia dan belum menggunakan media pembelajaran secara interaktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Bulusari 3, (2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Bulusari 3, (3) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan mediapembelajaran Augmented Reality materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Bulusari 3. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran Augmented Reality materi sistem pencernaan pada manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa skala likert. Sumber data validitas diperoleh dari angket ahli media dan angket ahli materi. Sumber data keefektifan diperoleh dari hasil evaluasi yang dibandingkan dengan KKM kemudian dicari ketuntasan klasikal, dan kepraktisan terhadap media diperoleh dari angket kepraktisan guru dan siswa. Hasil penelitian pegembangan media pembelajaran Augmented Reality sebagai berikut. (1) Media Augmented Reality dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dengan presentase skor dari validasi media 89,4% dan validasi materi memperoleh skor 100% yang artinya masuk dalam kategori sangat valid, (2) Hasil angket kepraktisan guru terhadap media Augmented Reality sebesar 96% dan angket kepraktisan siswa sebesar 95% yang artinya masuk dalam kategori sangat praktis digunakan dalam materi sistem pencernaan pada manusia, (3) Hasil keefektifan media Augmented Reality pada uji luas skor rata-rata sebesar 95,26% dan ketuntasan klasikal sebesar 100% yang artinya media masuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas 5 SDN Bulusari 3 terbukti sangat valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media ini layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Augmented Reality, Sistem Pencernaan Pada Manusia |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dewi Devanda Fitrianty |
Last Modified: | 08 Aug 2025 10:03 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |