Istivarini, Ulvia Rosida Al (2025) PENGARUH PEMBERIAN REWARD SIMON “STIKER EMOTIKON” DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 4-5 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86207_2114070025.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86207_2114070025_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (547kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86207_2114070025_07024038803_0710078203_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini memainkan peran krusial dalam membentuk kedisiplinan dan perkembangan sosial emosional mereka. Penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan metode reward, khususnya penggunaan Stiker Emotikon (SIMON), dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun. Reward, yang dapat berupa barang, pujian, atau aktivitas, berfungsi sebagai motivasi ekstrinsik yang memicu perilaku positif dan pembentukan kebiasaan disiplin. Hasil observasi di beberapa TK Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa penerapan sistem ini belum luas, menandakan potensi besar untuk pengembangan karakter dan kedisiplinan anak melalui strategi yang lebih terarah. Diharapkan dengan pemberian reward dapat memberikan pengaruh terhadap keidisiplinan. Fokus pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh dari pemberian reward SIMON (Stiker Emotikon) dalam peningkatan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun?” Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Lembar observasi yang digunakan telah divalidasi oleh ahli dalam bidang psikologi anak usia dini terhadap kedisiplinan anak usia 4-5 tahun. Metode validasi melalui expert judgement digunakan untuk menetapkan indikator capaian dalam penilaian kedisiplinan, yang menunjukkan hasil validitas dengan 9 pernyataan dalam kategori valid. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah SIMON “Stiker Emotikon”, yang dirancang untuk meningkatkan kedisiplinan anak. Keefektifan media SIMON diukur melalui perbandingan nilai total pretest dan posttest, yang dianalisis menggunakan statistik untuk menentukan pengaruh signifikan terhadap perkembangan kedisiplinan anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling melibatkan 25 anak. Peneliti melaksanakan pretest dengan waktu selama 3 minggu dan posttest dilaksanakan selama 4 minggu. Data dikumpulkan melalui observasi, dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada kedisiplinan anak setelah pemberian reward. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,0001 yang kurang dari nilai tingkat signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Pengaruh pemberian reward SIMON (Stiker Emotikon) efektif dalam meningkatkan kedisiplinan anak. Hal ini ditandai dengan nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Dengan hasil tersebut didapatkan kesimpulan bahwa pemberian reward SIMON (Stiker Emotikon) dapat memberikan pengaruh yang posotif dan signifikan sehingga menjadi pendorong awal bagi anak untuk belajar disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward SIMON “Stiker Emotikon”, Kedisiplinan, Anak Usia 4-5. Tahun 2025 |
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ulvia Rosida Al Istivarini |
Last Modified: | 08 Aug 2025 09:08 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |