Gresini, Rahmatul Risala Octaviandy (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PADA MATERI STATISTIKA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_84202_2115010002.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010002_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (591kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (142kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (183kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010002_0717127601_0710016401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Dari hasil observasi, ketika kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, masih berpusat pada guru yang mengakibatkan kemampuan berpikir siswa belum sepenuhnya dikembangkan. Kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher center. Hal itu ditandai dengan guru menyajikan materi, dan memberikan contoh-contoh kepada siswa pada praktek pembelajarannya. Siswa cenderung selalu dibimbing atau diberikan petunjuk penyelesaian masalah secara lengkap, sehingga siswa belum mampu untuk belajar memecahkan masalah secara mandiri menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis Kemampuan penyelesaian masalah siswa dengan kategori berpikir kritis rendah dalam menyelesaikan permasalahan pada materi statistika. (2) mendeskripsikan dan menganalisis Kemampuan penyelesaian masalah siswa dengan kategori berpikir kritis sedang dalam menyelesaikan permasalahan pada materi statistika. (3) mendeskripsikan dan menganalisis Kemampuan penyelesaian masalah siswa dengan kategori berpikir kritis tinggi dalam menyelesaikan permasalahan pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimana peneliti menganalisis secara mendalam kepada subjek 3 siswa kelas X di SMA Negeri 3 kediri. Dengan menggunakan instrumen soal tes berpikir kritis dan wawancara. Hasil analisis kemampuan penyelesaian masalah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis yaitu: (1) Secara keseluruhan memenuhi tiga indikator kemampuan berfikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi. Dalam penyelesaian masalah, siswa lebih cenderung untuk berpikir keras dan mencoba berbagai cara dengan caranya sendiri untuk menyelesaikan masalah. Hal ini yang membuat waktu mengerjakan nya lebih lama dari siswa yang lain. Saat wawancara, siswa dapat menjelaskan dengan baik dengan sering menunjuk-nunjuk untuk memperjelas maksutnya. (2) Secara keseluruhan siswa mampu memenuhi empat indikator kemampuan berfikir kritis menurut facione yaituinterpertassi, analisis, evaluasi, inferensi. Untuk langkah penyelesaian nya, siswa cenderung menuliskan unsur-unsur yang dianggap penting saja saat proses menyelesaikan masalah. Siswa sering menggunakan kata permisalan untuk mengingat apa yang telah dipelajarinya. Lebih lanjut saat proses wawancara dalam menjelaskan penyelesaianya, siswa mampu menjelaskannya dengan baik . (3) Secara keseluruhan memenuhi lima indikator kemampuan berfikir krtis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan penjelasan. Untuk penyelesaian masalah nya, dalam penulisan siswa cenderung lebih jelas, lebih bisa di teliti dalam dan lebih rapi, serta unsur-unsur nya terlihat jelas. Saat sesi wawancara siswa mampu menjelasakan nya dengan tenang dan percaya diri, siswa juga mampu untuk menjelaskan dengan bahasanya sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Facione, Polya, Statistika |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rahmatul Risala Octaviandy Gresini |
Last Modified: | 08 Aug 2025 15:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |