PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 6 KEDIRI (Studi Kasus Penerapan Project Based Learning di SMA Negeri 6 Kediri)

Muchson, Muhammad and Forijati, Rr (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 6 KEDIRI (Studi Kasus Penerapan Project Based Learning di SMA Negeri 6 Kediri). Masters thesis, Univeritas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87103_2301020003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87103_2301020003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87103_2301020003_0018126701_0028016701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat diterapkan untuk meningkatkan profil Pancasila siswa di SMA Negeri 6 Kediri. Studi ini dilakukan dengan pendekatan diskriptisi dan studi kasus. Siswa kelas XI dan guru ekonomi adalah subjek dari penelitian. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan partisipasi siswa dan pemahaman mereka tentang materi ekonomi. Ini juga dapat meningkatkan nilai-nilai karakter yang tercermin dalam dimensi profil siswa Pancasila, seperti tanggung jawab, kemandirian, gotong royong dan berpikir kritis. Siswa dimotivasi untuk berpartisipasi secara aktif dan reflektif dalam proses pembelajaran berkat proyek yang dirancang berdasarkan masalah sosial-ekonomi kontekstual ini. Studi ini menemukan bahwa model PjBL berhasil menggabungkan pembelajaran ekonomi dengan penguatan karakter. Ini dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah. Kata Kunci: Project Based Learning, Mata Pelajaran Ekonomi, Profil Pelajar Pancasila, dan SMA Negeri 6 Kediri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Mata Pelajaran Ekonomi, Profil Pelajar Pancasila, dan SMA Negeri 6 Kediri
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 723 Economic education
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mimik Herman Setiawan
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:26
Last Modified: 08 Aug 2025 07:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item