Esa, Ananda Ilham (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI PECAHAN SENILAI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 7 SUGIHWARAS. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060058.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060058_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (517kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (469kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (397kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (146kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060058_0713078602_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terhadap pembelajaran matematika di SDN 7 Sugihwaras, ditemukan bahwa siswa kelas IV masih kesulitan memahami materi pecahan senilai. Hal ini disebabkan karena tidak ada media pembelajaran sehingga menghambat pemahaman siswa terhadap materi pecahan senilai. Jika kondisi ini terus berulang, siswa akan kehilangan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar tidak optimal. Dari hasil wawancara karakter siswa kurang aktif karena siswa kelas IV SDN 7 Sugihwaras lebih menyukai media pembelajaran berbasis teknologi dan game. Dokumentasi hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa masih di bawah KKTP, yaitu 70,4 yang menandakan bahwa hasil belajar mereka belum maksimal. KKTP yang ditentukan adalah 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk Multimedia Interaktif menggunakan Construct 2 pada Materi Pecahan Senilai untuk Siswa Kelas IV SDN 7 Sugihwaras. Penelitian ini dilakukan untuk menilai sejauh mana multimedia interaktif menggunakan Construtc 2 tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran, baik dari segi isi materi, tampilan multimedia, kemudahan penggunaan, maupun dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 7 Sugihwaras. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumennya menggunakan lembar angket validasi ahli, lembar angket respons pengguna, dan uji coba lapangan. Data dikumpulkan dari lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian Pengembangan Multimedia interaktif menggunakan Construct 2 pada Materi Pecahan Senilai untuk Siswa Kelas IV SDN 7 Sugihwaras yaitu memperoleh nilai kevalidan 91,4% dengan kategori sangat valid, nilai kepraktisan awal 89,062% dengan kategori sangat praktis, nilai kepraktisan akhir 90,108% dengan kategori sangat praktis, nilai keefektifan awal 85 dengan kategori efektif, dan keefektifan akhir 85,65 dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif menggunakan Construct 2 pada Materi Pecahan Senilai untuk Siswa Kelas IV SDN 7 Sugihwaras dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk materi pecahan senilai kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, construct 2, pecahan senilai, kevalidan, kepraktisan, keefektifan |
Subjects: | 660 Art, design and media > 708 Visual communication design 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ananda Ilham Esa |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:07 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |