PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG KEARIFAN LOKAL KELAS III SEKOLAH DASAR

Adji, Dito Pristanto (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG KEARIFAN LOKAL KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060260.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060260_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (946kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (506kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060260_0730098803_072008840_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SDN Karangtengah 3 dimana rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi dongeng dapat dikatakan cukup rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap Bahasa Indonesia yang bersifat abstrak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran E-book dongeng interaktif sebagai media pembelajaran pada pembelajaran membaca dongeng kelas III? (2) Bagaimana Bagaimana kepraktisan media E-book dongeng interaktif pada pembelajaran membaca dongeng kelas III saat kegiatan pembelajaran berlangsung? (3) keefektifan media pembelajaran E-book dongeng interaktif terhadap hasil belajar peserta didik peserta didik pada pembelajaran membaca dongeng kelas III saat kegiatan pembelajaran berlangsung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran E-book dongeng interaktif pada pembelajaran membaca dongeng kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi, angket respon guru, dan soal evaluasi. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil angket validasi, angket respon guru, dan hasil evaluasi soal. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan pada E-book interaktif diperoleh presentase (1) Kevalidan E-book interaktif pada materi dongeng memperoleh hasil validasi materi 90% (kategori sangat valid) dan hasil kevalidan E-book interaktif 92%. (2) Dari aspek kepraktisan, media ini memperoleh respons positif dengan persentase 96% dari guru dan 90% dari seluruh siswa, yang termasuk kategori sangat praktis. (3) Keefektifan E-book interaktif pada materi dongeng terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, baik pada uji coba terbatas (dari 16% ke 83%) maupun uji coba luas (dari 13% ke 93%), Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media E-book interaktif yang digunakan pada materi pembelajaran dongeng dinilai layak untuk digunakan serta telah memenuhi berbagai kriteria yang diperlukan guna diterapkan secara efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa E-book interaktif memiliki potensi yang signifikan dalam menunjang pemahaman materi serta meningkatkan keterlibatan peserta didik selama kegiatan belajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media E-book Interaktif, Dongeng, Hasil Belajar
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Depositing User: Dito Pristanto Adji
Last Modified: 08 Aug 2025 05:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21293

Actions (login required)

View Item View Item