Ainisya, Avrillya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA FASE E SMA NEGERI 1 GROGOL TAHUN 2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_88201_2114040032.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_88201_2114040032_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (274kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (496kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (74kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_88201_2114040032_0012076701_0731038605_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Avrillya Ainisya Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Fase E SMA Negeri 1 Grogol Tahun 2024. Skripsi. PBSI, FKIP UN PGRI Kediri, 2025. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks anekdot, model pembelajaran role playing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks anekdot siswa SMA, dengan rumusan masalah (1) Bagaimana keterampilan menulis teks anekdot siswa fase E tanpa menggunakan model pembelajaran role playing? (2) Bagaimana keterampilan menulis teks anekdot siswa fase E dengan menggunakan model pembelejaran role playing? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan menulis tesk anekdot siswa fase E?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menulis teks anekdot siswa tanpa menggunakan model pembelajaran role playing, (2) keterampilan menulis teks anekdot siswa dengan menggunakan model role playing, serta (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan menulis teks anekdot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol yang dipilih melalui teknik probability sampling, yaitu pemilihan sampel secara acak yang didasarkan pada data observasi, nilai rapor siswa, serta rekomendasi dari guru mata pelajaran. Setelah sampel ditentukan, dilakukan tes awal (pretest) untuk memastikan bahwa kemampuan awal menulis siswa pada kedua kelompok berada pada tingkat yang setara atau hampir sama. Prosedur penelitian dimulai dengan penyusunan draf instrumen berupa soal tes menulis teks anekdot. Instrumen ini kemudian divalidasi oleh ahli untuk menilai kesesuaian isi, konstruk, dan aspek kebahasaan. Setelah dinyatakan valid, proses pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rancangan perlakuan pada masing-masing kelompok. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest (sebelum pembelajaran) dan posttest (setelah pembelajaran) guna mengukur peningkatan kemampuan menulis siswa. Selanjutnya, hasil pretest dan posttest dianalisis untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang diterapkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis siswa sebelum penggunaan model role playing tergolong rendah dengan nilai di bawah KKM, (2) penerapan model role playing terbukti meningkatkan kemampuan menulis siswa secara signifikan, dan (3) terdapat pengaruh positif model role playing terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa. Dengan demikian, model role playing direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks anekdot, model pembelajaran role playing. |
Subjects: | 710 Education science > 740 Language and literature education science 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Avrillya Ainisya |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:58 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |