Sholihah, Imroatus (2025) PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUGAME STAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86207_2114070011.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86207_2114070011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (554kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86207_2114070011_0729078402_0708027803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan numerasi pada anak usia dini di TK Putera Bhakti masih rendah akibat minimnya stimulasi numerasi yang diberikan oleh guru serta keterbatasan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan multimedia interaktif Edugame Star dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini dan menganalisis perbedaan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran yang menerapkan multimedia interaktif dengan media pembelajaran konvensional. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan multimedia interaktif Edugame Star untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia dini. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa kemampuan numerasi perlu dikembangkan sejak usia dini sebagai bagian dari keterampilan dasar yang esensial. Multimedia interaktif Edugame Star, dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif dibandingkan media pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental yang menggunakan Posttest-only design with nonequivalent groups. Populasi penelitian adalah peserta didik TK Putera Bhakti. Adapun sampel yang digunakan adalah peserta didik kelompok B (usia 5-6 tahun) sebanyak 36 anak, yang terdiri dari B1 sebagai kelompok kontrol dan B3 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian berupa posttest dengan 10 soal diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Data dianalisis menggunakan uji Mann U Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis melalui Mann U Whitney Test memperoleh nilai exact sig. [2*(1-tailed sig.)] sebesar 0,009 < 0,05, yang mengindikasikan terdapat pengaruh signifikan penerapan multimedia interaktif Edugame Star terhadap kemampuan numerasi anak. Perbandingan kemampuan numerasi juga tampak pada sebaran data, dengan rata-rata nilai 13,97 untuk kelompok kontrol dan 23,03 untuk kelompok eksperimen. Hal ini menegaskan bahwa terdapat perbedaan sebanyak 9,06 yang berarti pembelajaran dengan media Edugame Star lebih efektif dibandingkan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini merekomendasikan penerapan Edugame Star secara lebih luas sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran numerasi di Pendidikan Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, media edugame star, pengembangan numerasi anak usia dini |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 798 Education technology 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Imroatus Sholihah |
Last Modified: | 07 Aug 2025 16:45 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |