PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPACIN (PAPAN PANCA INDERA) BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCA INDERA KELAS IV SDN SUKORAME 2

Putri, Revina Karmila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPACIN (PAPAN PANCA INDERA) BERBASIS PERMAINAN TEBAK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCA INDERA KELAS IV SDN SUKORAME 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060115.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060115_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060115_0721048003_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari analisis data hasil belajar, observasi, wawancara, dan angket yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Berdasarkan analisis data hasil belajar, observasi, dan wawancara ditemukan bahwa 28 dari 57 siswa mengalami kesulitan memahami materi panca indera, yang ditunjukkan dengan nilai di bawah KKTP 75. Kesulitan utama terletak pada bagian-bagian panca indera dan fungsinya. Pembelajaran terbatas pada video dan buku ajar tanpa disertai media konkret, menyebabkan siswa menjadi pasif, kurang termotivasi, dan pencapaian hasil belajar belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Papacin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi panca indera siswa kelas IV SDN Sukorame 2, kepraktisan media pembelajaran Papacin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi panca indera siswa kelas IV SDN Sukorame 2, dan keefektifan media pembelajaran Papacin berbasis permainan tebak gambar terhadap hasil belajar pada materi panca indera siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Metode penelitian ini menggunakan penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tempat penelitian ini di SDN Sukorame 2 dengan subjek penelitian 57. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian ini penelitian menggunakan angket validasi ahli media dan ahli materi, angket guru dan siswa, serta soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kevalidan media pembelajaran Papacin diperoleh dari hasil validator materi dengan skor 100% dan validator media memperoleh skor 84% dengan hasil nilai rata-rata skor 92% , maka media pembelajaran Papacin dinyatakan sangat valid, (2) kepraktisan media Papacin diperoleh dari angket respon guru dengan skor 91% dan angket respon siswa memperoleh skor 87,6% dengan hasil nilai rata-rata 89,3%. Maka media Papacin dapat dinyatakan sangat praktis, (3) keefektifan medin Papacin pada uji coba terbatas memperoleh hasil nilai N-gain score sebesar 0,7765 dengan kriteria tinggi. Pada uji skala luas memperoleh hasil nilai N-gain score sebesar 0,8038 dengan kriteria tinggi. Maka media pembelajaran Papacin dapat dinyatakan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Papacin (Papan Panca Indera) berbasis permainan tebak gambar ini layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi panca indera, serta disarankan untuk dikembangkan lebih lanjut pada materi dan jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Papacin, Tebak Gambar, Hasil Belajar
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Revina Karmila Putri
Last Modified: 07 Aug 2025 16:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

View Item View Item