PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI MEMELIHARA LINGKUNGAN SISWA KELAS I SD NEGERI TEMPEL WETAN

Hardianto, Regy Satria (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI MEMELIHARA LINGKUNGAN SISWA KELAS I SD NEGERI TEMPEL WETAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060294.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060294_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060294_0713118901_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA di SD masih terkendala metode konvensional yang menyebabkan rendahnya minat dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif, seperti multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3, untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tujuannya untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis Articualate Storylane 3 ini pada pembelajaran IPA materi memelihara lingkungan siswa kelas 1 SD Negeri Tempel Wetan. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tempel Wetan dengan subjek 20 siswa kelas 1. Data dikumpulkan melalui need assessment, angket validasi ahli materi dan media, angket respons siswa dan guru, serta posttest. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, skala Likert, perhitungan rata-rata, dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif ini 1) sangat valid (rata-rata 82,5% dari ahli materi 85% dan ahli media 80%), 2) sangat praktis (89,8% dari siswa 91,6% dan guru 88%), dan 3) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa (posttest rata-rata 91,3%). Disarankan penelitian selanjutnya untuk melakukan pengembangan serupa dengan materi atau jenjang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Articulate Storylane, Literasi Sains
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: REGY SATRIA HERDIANTO
Last Modified: 07 Aug 2025 14:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item