Nurita, Sulis Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SERENITY MAHJONG: EMBRACING SELF-LOVE (SMAILE) UNTUK MENINGKATKAN SELF-LOVE PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2114010015.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010015_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (783kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (595kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (309kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (276kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010015_0702068903_0712076102_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Self-love adalah sikap baik terhadap diri sendiri yang dapat dipelajari dan bertahan sepanjang hidup. Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMAN 3 Kediri, terdapat self-love yang rendah ditunjukkan dengan adanya perilaku self-harm, perasaan insecure, dan kesulitan merasa bangga terhadap dirinya sendiri, sebagaimana ditunjukkan oleh perilaku-perilaku yang sesuai dengan indikator self love, yaitu self-awareness, self-worth, self-esteem, dan self-care. Hal ini menjadi dasar untuk melakukan pengembangan media permainan Serenity Mahjong: Embracing Self-Love (SMAILE). Serenity Mahjong: Embracing Self-love adalah media permainan kelompok yang dirancang untuk membantu siswa mengenali dan meningkatkan self-love melalui pendekatan permainan interaktif yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan SMAILE yang dapat diterima secara teoretis dan praktis untuk meningkatkan self love pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas X di SMAN 3 Kediri yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan skor skala psikologis self-love. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, praktisi, serta skala psikologis self-love. Uji menggunakan persentase. analisis data Hasil penelitian menunjukkan media SMAILE untuk penilaian ahli media menunjukkan persentase 96,59% dengan kategori ”sangat layak”. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan persentase 75% dengan kategori ”layak”. Kedua hasil ini memiliki arti bahwa media pengembangan dapat diterima secara teoretis. Sementara itu, dari sisi praktis, penilaian praktisi menunjukkan persentase 91, 67% dengan kategori ”sangat layak” dan adapun data pendukung untuk hasil penelitian ini adalah dengan adanya uji implementasi menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan hasilnya 0,028 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa media permainan SMAILE efektif digunakan untuk meningkatkan self-love siswa SMA. Temuan ini memperkuat bahwa media ini bisa diterima secara praktis. Kesimpulan yang didapat bahwa media permainan SMAILE ini terbukti secara teoretis dan praktis untuk meningkatkan self-love siswa SMA. Disarankan agar pengembangan media SMAILE dilanjutkan dengan memperhatikan aspek desain, materi, serta aktivitas yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan uji coba lebih luas untuk melihat potensi penggunannya secara lebih umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Love, Media Permainan, SMAILE |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Sulis Dwi Nurita |
Last Modified: | 07 Aug 2025 12:22 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |