Dewi, Sabna Pradita (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MACANAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060114.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060114_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (593kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (770kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060114_0721048003_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini diambil dari hasil observasi, wawancara, angket siswa dan tes yang dilakukan di kelas IV SDN Macanan 1. Permasalahan yang terdapat di SDN Macanan 1 siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, siswa masih terlihat bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan berbantuan buku pendamping, guru belum menggunakan media pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah hal ini ditunjukkan dari hasil tes siswa dengan nilai rata-rata 48. Dengan masalah tersebut, peneliti mengembangkan multimedia interaktif berbasis wordwall. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui kevalidan multimedia interaktif berbasis wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi keberagaman budaya bangsa kelas IV SDN Macanan 1, (2) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi keberagaman budaya bangsa kelas IV SDN Macanan 1, (3) mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi keberagaman budaya bangsa kelas IV SDN Macanan 1. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R&D (Research and Development). Model penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tempat penelitian di SDN Macanan 1 dengan subjek 40 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi dari ahli media dan materi, angket guru dan siswa, dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi ahli media dan materi, kepraktisan diperoleh dari hasil angket guru dan siswa, dan keefektifan diperoleh dari hasil pretest dan posttest melalui uji NGain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil validasi yang diperoleh dari validator materi mencapai presentase 90% dan validator media mencapai 86% dengan nilai rata-rata 88% jadi kriteria dinyatakan sangat valid, (2) hasil angket respon guru mencapai 90% dan hasil angket respon siswa mencapai 96% dengan kriteria dinyatakan sangat praktis, (3) hasil keefektifan dari analisis soal pretest dan soal posttest untuk meningkatkan hasil belajar siswa dinyatakan tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,7194 dan dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan multimedia interaktif berbasis wordwall materi keberagaman budaya bangsa yang dikembangakan terbukti sangat valid, sangat praktis, dan keefektifan hasil be lajar siswa dinyatakan tinggi. Jadi dapat dinyatakan multimedia interaktif berbasis wordwall ini layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, wordwall, hasil belajar |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 619 Cultural studies 710 Education science > 722 Historical education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sabna Pradita Dewi |
Last Modified: | 07 Aug 2025 10:23 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |