PENGEMBANGAN MODIG (MODUL DIGITAL) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PROSES PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN MANGGIS 2 PUNCU

Puspito Sari, Sri Indra (2025) PENGEMBANGAN MODIG (MODUL DIGITAL) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PROSES PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN MANGGIS 2 PUNCU. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_2114060003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060003_0719048206_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sri Indra Puspito Sari: Pengembangan Modig (Modul Digital) Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Proses Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu Kata Kunci : Modul Digital, Pembelajaran kontekstual, Perubahan Bentuk Energi Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru mengenai materi proses perubahan bentuk energi, siswa tidak menyimak guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, siswa kurang antusias ketika proses pembelajaran di kelas, dan banyak siswa yang tidak aktif selama kegiatan pembelajaran materi proses perubahan bentuk energi. Guru masih menggunakan modul ajar seadanya yang berasal dari sekolah, belum adanya pengembangan modul ajar inovatif berbasis digital yang digunakan pada materi proses perubahan bentuk energi. Dari hasil ulangan harian siswa pada materi proses perubahan bentuk energi diketahui rata-rata adalah 60%. Sebanyak 26 dari 33 siswa kelas IV memperoleh nilai dibawah KKTP, KKTP yang telah ditentukan adalah 70. Rendahnya nilai hasil belajar siswa merupakan permasalahan penting yang harus diatasi Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan Modig (Modul Digital) Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Proses Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu. (2) Untuk mengetahui kepraktisan Modig (Modul Digital) Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Proses Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu. (3) Untuk mengetahui keefektifan Modig (Modul Digital) Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Proses Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 33 siswa kelas IV SDN Manggis 2 Puncu. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Uji kevalidan memperoleh skor validasi materi 96% dan validasi media 84%. Dari kedua penilaian tersebut kemudian diakumulasikan menjadi 90%. Nilai yang diperoleh termasuk dalam kategori sangat valid. (2) Uji kepraktisan memperoleh skor kepraktisan guru 98%. Kepraktisan siswa uji coba terbatas 88% dan uji coba luas 90%. Nilai kepraktisan guru dan rata-rata kepraktisan siswa diakumulasikan memperoleh skor 96% dengan kategori sangat praktis (3) Uji keefektifan memperoleh nilai uji coba terbatas 87,5% dan nilai uji coba luas 85,6%. Kedua nilai keefektifan tersebut diakumulasikan 86,55% dan memperoleh kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa Modig (Modul Digital) Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Proses Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Manggis 2 Puncu dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Digital, Pembelajaran Kontekstual, Perubahan Bentuk Energi
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sri Indra Puspito Sari
Last Modified: 08 Aug 2025 10:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item