Firlianasari, Tarisa Melani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAZE GAME (MaGe) BERBANTUAN QR QODE PADA MATERI PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DAN HINDU-BUDDHA DI KELAS IV SDN BRENGGOLO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060188.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060188_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (999kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (111kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (116kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060188_0719109101_0006096801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan mewawancarai guru kelas IV dan melakukan pengamatan pada SDN Brenggolo 1 pada kelas IV ditemukan bahwa guru menggunakan metode ceramah serta guru hanya menggunakan video youtube sebagai media pembelajaran dan keterbatasan media pembelajaran membuat siswa sulit untuk memahami materi dan nilai siswa dibawah KKM 75 dengan rata- rata nilai siswa 46,25 pada materi peninggalan sejarah kerajaan Islam dan Hindu-Buddha. Dengan tujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam dan Hindu-Buddha berbantuan QR Qode untuk siswa kelas IV SDN Brenggolo 1, untuk mengetahui kepraktisan Peninggalan Kerajaan Islam dan Hindu-Buddha berbantuan QR Qode untuk siswa kelas IV SDN Brenggolo 1, untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Peninggalan Kerajaan Islam dan Hindu-Buddha berbantuan QR Qode untuk siswa kelas IV SDN Brenggolo 1. Metode Penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yaitu, 1) Tahap Analysis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Developmentt. 4) Tahap Implementation, 5) Tahap Evaluation. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen Penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa, angket guru, dan soal evaluasi. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil validasi media memperoleh skor 86 %, sedangkan validasi materi memperoleh skor 88 %. Sehingga dari dua validasi media dan validasi materi berada pada pada rentang 80 % - 89 % dengan kriteria "Valid". Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 98%, angket respon siswa uji coba memperoleh skor 94%, sehingga masuk dalam kriteria “Sangat Praktis” dan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbantuan QR Qode praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta praktis untuk diterapkan tanpa perbaikan. Hasil uji keefektifan memperoleh skor 87.7 % berada pada rentang 86 % - 100 % dengan kriteria “Sangat efektif”. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran Peninggalan Kerajaan Islam dan Hindu-Buddha berbantuan QR Qode untuk siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Berbantuan QR Qode, Peninggalan Kerajaan Islam dan Hindu-Buddha |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city) 630 Religion and philosophy > 641 Islam 630 Religion and philosophy > 645 Hindu, buddhist, and other religion (philosophy) not yet listed 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development 710 Education science > 798 Education technology 710 Education science > 802 Curriculum and educational technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tarisa Melani Firlianasari |
Last Modified: | 06 Aug 2025 12:17 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |