IMPLEMENTASI ALGORITMA FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM AI MUSUH DI GAME CODE CRUSADER : ANTI-VIRUS ASSAULT

Satria Pamenang, Dimas (2025) IMPLEMENTASI ALGORITMA FINITE STATE MACHINE PADA SISTEM AI MUSUH DI GAME CODE CRUSADER : ANTI-VIRUS ASSAULT. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_2113020107.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_2113020107_0720117501_0708049001_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_2113020107_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Finite State Machine (FSM) pada sistem AI musuh dalam game Code Crusader: Anti-Virus Assault. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya AI musuh pada game hack and slash yang masih bersifat statis dan mudah ditebak pemain, sehingga mengurangi tantangan serta keseruan gameplay. Dengan menerapkan FSM, diharapkan AI musuh dapat berperilaku lebih dinamis dan responsif sesuai kondisi permainan. Metode yang digunakan adalah Development Research dengan tahapan analisis kebutuhan, desain state AI musuh, implementasi menggunakan Unity Engine 2022 dengan bahasa C# dan NavMeshAgent, serta pengujian sistem. State yang diterapkan meliputi idle, patrol, chase, attack, dan dead yang diatur secara sistematis dalam FSM. Data primer diambil dari hasil pengujian fungsional (black-box testing) dan kuesioner skala Likert kepada pengguna, sedangkan data sekunder berasal dari jurnal dan artikel terkait AI dan FSM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FSM berhasil mengatur perilaku AI musuh untuk berpindah antar state sesuai desain, sehingga AI musuh menjadi lebih adaptif dan menantang. Berdasarkan pengujian menggunakan skala Likert, 90% pengguna merasa puas dengan performa AI musuh dalam mendukung gameplay. Kesimpulannya, implementasi FSM efektif meningkatkan kualitas AI musuh dalam game hack and slash dan dapat dijadikan referensi untuk pengembangan AI pada game serupa di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, AI Musuh, Hack and Slash, Unity, Game Development
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Dimas Satria Pamenang
Last Modified: 06 Aug 2025 13:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item