PERAN GURU BK DALAM MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMKS KRISTEN YBPK PARE

Andani, Gresica Mery (2025) PERAN GURU BK DALAM MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMKS KRISTEN YBPK PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_2114010061.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2114010061_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2114010061_0716046202_0705068605_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kecemasan akademik yang dialami oleh siswa SMK, khususnya di SMKS Kristen YBPK Pare. Tekanan dari padatnya jadwal praktik dan ujian, harapan tinggi dari orang tua, serta ketidakpastian mengenai masa depan menjadi faktor utama yang memicu kecemasan. Berdasarkan wawancara awal dengan guru BK, sekitar 25% dari total siswa menunjukkan gejala kecemasan akademik yang ditandai dengan sulit tidur, gugup saat ujian, menurunnya semangat belajar, hingga perilaku menarik diri dan pura-pura sakit untuk menghindari tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam bagaimana peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengurangi kecemasan akademik siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Ciri-ciri kecemasan akademik yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: overthinking saat belajar, ketakutan gagal, sulit berkonsentrasi, penurunan motivasi, hingga gejala fisik seperti jantung berdebar, berkeringat, dan cemas berlebihan menjelang ujian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, yang memungkinkan peneliti mengeksplorasi secara mendalam pengalaman siswa dan strategi layanan yang dilakukan oleh guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non- partisipan, dan dokumentasi, dengan informan utama terdiri dari satu guru BK dan tiga siswa yang mengalami kecemasan akademik. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK efektif dalam membantu siswa memahami, mengelola, dan mengurangi kecemasan akademik mereka. Guru BK berperan sebagai fasilitator aktif yang menciptakan suasana terbuka, nyaman, dan mendukung, serta menyisipkan berbagai strategi seperti teknik relaksasi, afirmasi positif, diskusi tematik, hingga refleksi kelompok. Perubahan positif tampak jelas pada siswa yang mengikuti layanan ini, antara lain: meningkatnya rasa percaya diri, berkurangnya gejala fisik akibat kecemasan, meningkatnya keberanian dalam menyampaikan pendapat, serta kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi ujian dan tugas sekolah. Siswa merasa tidak lagi sendirian dalam menghadapi masalahnya dan mampu belajar dari pengalaman teman dalam kelompok. Penelitian ini menegaskan bahwa bimbingan kelompok merupakan pendekatan yang relevan dan efektif dalam layanan BK, khususnya dalam merespons tekanan akademik khas yang dihadapi siswa SMK. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan layanan BK berbasis kebutuhan nyata siswa, serta dapat menjadi rujukan dalam penyusunan program layanan yang kontekstual, adaptif, dan humanistik di lingkungan pendidikan kejuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru BK, kecemasan akademik, bimbingan kelompok, SMK, layanan BK
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Gresica Mery Andani
Last Modified: 06 Aug 2025 09:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item View Item