PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (POPDIG) POP UP BOOK DIGITAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN TIRON 4.

Sari, Lupita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (POPDIG) POP UP BOOK DIGITAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060073.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060073_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (879kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060073_0704078402_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060073_0704074802_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060073_0704078402_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060073_0704078402_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060073_0704078402_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060073_0704074802_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060073_0704078402_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena penggunaan media pembelajaran dalam materi keragaman budaya masih terbilang kurang. Lebih lanjut, berdasarkan hasil nilai ulangan harian pada materi keragaman budaya, diketahui bahwa nilai rata-rata siswa pada materi keragaman budaya yakni 12 siswa atau 55% dari 22 siswa tidak mencapai ketuntasan KKTP dengan nilai rata-rata 75, karena minimnya penggunaan media pembelajaran membuat rendahnya nilai hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya. Hal tersebut menjadi permasalahan penting yang harus segera ditangani. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran (POPDIG) Pop Up Book Digital pada materi keragaman budaya di Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Tiron 4. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran (POPDIG) Pop Up Book Digital pada materi keragaman budaya di Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Tiron 4. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran (POPDIG) Pop Up Book Digital pada materi keragaman budaya di Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Tiron 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tiron 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil uji kevalidan memperoleh skor ahli materi sebesar 92% dan skor nilai dari ahli media sebesar 82%. Hasil dari kedua nilai tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan mendapat skor kepraktisan guru sebesar 96% dan rata-rata skor respon siswa sebesar 95%. Hasil dari kedua nilai tersebut menunjukkan kriteria sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan uji coba terbatas yaitu 100% dan uji coba luas yaitu 87%. Kedua nilai keefektifan siswa tersebut mendapat kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran (POPDIG) Pop Up Book Digital pada materi keragaman budaya di Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Tiron 4 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Media pembelajaran (POPDIG) Pop Up Book Digital yang dikembangkan mampu meningkatkan antusias belajar siswa, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Pop Up Book Digital, Keragaman Budaya
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Lupita Sari
Last Modified: 06 Aug 2025 04:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item