PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PERMAINAN TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 GURAH

Firdaus, Mochammad Ikhsan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PERMAINAN TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 GURAH. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87201_2114020008.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87201_2114020008_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_01_front_rev.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (155kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87201_2114020008_0729059101_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam pelajaran sejarah di SMAN 1 Gurah Kediri. Metode ceramah satu arah masih mendominasi, sehingga peserta didik menjadi pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada menurunnya motivasi dan hasil belajar. Diperlukan inovasi media pembelajaran yang menarik untuk menciptakan suasana kelas yang lebih hidup. Salah satu alternatif yang ditawarkan adalah media berbasis permainan Truth or Dare. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis permainan Truth or Dare untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI. Media ini dirancang agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Permainan ini juga memungkinkan variasi pendekatan dalam menyampaikan materi. Dengan demikian, diharapkan peserta didik dapat memahami pelajaran dengan cara yang lebih menarik. Media ini juga disesuaikan dengan karakteristik remaja masa kini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, serta uji pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-8 SMAN 1 Gurah Kediri. Teknik analisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan media untuk memastikan kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif meningkatkan minat belajar peserta didik. Rata-rata nilai post-test meningkat signifikan dari 41 menjadi 87. Peserta didik lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Media ini juga menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan dan komunikatif. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis Truth or Dare layak digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Permainan, Truth or dare, Minat belajar
Subjects: 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city)
580 Humaniora social science > 618 History (history)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mochammad Ahkyar Nur Ikhsan Al Firdaus
Last Modified: 06 Aug 2025 03:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19160

Actions (login required)

View Item View Item