Widyani, Linda Rensy (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL SNAKES AND LADDERS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL IPS POKOK BAHASAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN (DENGAN MENGGUNAKAN PTK PADA SISWA KELAS IX SMP PGRI PAJENG). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030023_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (759kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (250kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030023_0006016701_0018126701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya pada pokok bahasan uang dan lembaga keuangan di SMP PGRI Pajeng yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan uang dan lembaga keuangan melalui penerapan media pembelajaran berbasis digital Snakes and Ladders (ular tangga digital) menggunakan Platform Genially. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaa tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi motivasi belajar, aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa di setiap siklus. Pada pra-siklus, hanya 9 dari 22 siswa (41%) yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sedangkan 13 (59%) siswa lainnya belum tuntas. Setelah dilaksanakan penerapan media pembelajaran Snakes and Ladders (ular tangga digital), terjadi peningkatan pada Siklus I, sebanyak 16 (73%) siswa yang tuntas dan terdapat 6 (27%) siswa yang belum tuntas. Siklus II terdapat 19 (86%) siswa yang tuntas dan terdapat 3 (14%) siswa yang tidak tuntas. Sedangkan motivasi belajar pada siklus I terdapat 7 (15%) siswa yang berkembang sesuai harapan dan terdapat 15 (85%) sedang berkembang. Siklus II terdapat 8(15%) sangat berkembang dan 14 (83%) siswa berkembang sesuai harapan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Snakes and Ladders (ular tangga digital) terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan yang signifikan terlihat dari bertambahnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar di setiap siklus, serta meningkatnya kategori motivasi belajar dari "sedang berkembang" menjadi "berkembang sesuai harapan" dan "sangat berkembang". Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan mampu mendorong partisipasi aktif siswa serta memperkuat pemahaman materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Snakes and Ladders, Learning Motivation, Learning Outcomes |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Linda Rensy Widyani |
Last Modified: | 05 Aug 2025 15:49 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |