PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAME TTL (TEKA-TEKI LAGU) MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS 1 SDN PAGUNG 1

Natafia, Delta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAME TTL (TEKA-TEKI LAGU) MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS 1 SDN PAGUNG 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060231.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060231_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (795kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060231_0713078602_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara guru kelas 1 SDN Pagung 1. diketahui bahwa, banyak pesrta didik yang kurang mengenal dengan lagu wajib nasional. Kurangnya pengetahuan lagu wajib nasional menyebabkan lunturnya nilai nasionalisme didalam diri peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dari 32 peserta didik terdapat 20 peserta didik (62,5%) tidak mencapai KKTP dengan rata-rata nilai 58,5, sedangkan 12 peserta didik (37,5%) memperoleh nilai diatas KKTP dengan rata-rata nilai 85,5. Kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) mata pelajaran Seni Budaya kelas 1 adalah 75. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui kevalidan media interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1, (2) mengetahui kepraktisan pengembangan media interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1, (3) mengetahui keefektifan media interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tempat penelitian di SDN Pagung 1 dengan subjek 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media dan materi, angket guru dan angket siswa, soal evaluasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kevalidan yang diperoleh dari validator ahli media dan ahli materi yang dihitung menggunakan skala likert, kepraktisan angket respon guru menggunakan skala likert dan angket siswa dihitung mengguankan skala guttman, sementara keefektifan dihitung menggunakan presentase nilai rata-rata peserta didik. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa (1) hasil dari validasi ahli materi dan ahli media memperoleh 95,5%, (2) hasil kepraktisan yang diperoleh dari uji coba terbatas angket respon guru dan angket respon siswa mendapatkan 92,5 %, sementara hasil kepraktisan dari uji coba luas dari angket respon guru dan angket respon siswa mendapatkan 95%, (3) hasil keefektifan yang diperoleh dari uji coba terbatas yaitu 100% dan uji coba luas mendapatkan 91,6%. Maka dapat disimpulkan media interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) mata pelajaran Seni Budaya pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1 dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Game TTL, Seni Budaya
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Delta Natafia
Last Modified: 05 Aug 2025 16:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item View Item