Wulandari, Retno (2025) ANALISIS PENGGUNAAN KUIS INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060139.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060139_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (923kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (843kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060139_0730098803_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan kuis interaktif yang telah banyak diterapkan oleh sebagian guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN BURENGAN 4 dan SD NEGERI 1 BANJAREJO. Sekolah tersebut dipilih karena sudah banyak menerapkan kuis interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun, meskipun sudah ada upaya penerapan, belum ada kajian mendalam tentang jenis kuis yang digunakan disetiap kelas, mata pelajaran yang menggunakan, bentuk soal yang digunakan, alasan penggunaan, dampak penggunaan, implementasi penggunaan, dan hasil penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kuis interaktif dalam pembelajaran di sekolah dasar, dengan fokus pada identifikasi jenis-jenis kuis yang sering digunakan serta efektivitas penggunaannya berdasarkan praktik empiris dan kajian literatur ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif pada dua sekolah dasar, yakni SDN Burengan 4 dan SDN 1 Banjarejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung di kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, penyebaran kuesioner, serta studi literatur terhadap artikel ilmiah yang diakses melalui Google Scholar dalam rentang waktu 2020–2024. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas I–VI di SDN Burengan 4 dan SDN 1 Banjarejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform kuis interaktif seperti Quizizz dan Wordwall telah digunakan secara bervariasi di beberapa tingkat kelas dan mata pelajaran, terutama pada IPAS, Bahasa Indonesia, dan Matematika. dan Quizizz menjadi platform yang paling dominan digunakan karena fitur interaktif yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Kuis interaktif terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Namun, kendala seperti keterbatasan literasi digital guru, infrastruktur teknologi yang belum merata, dan beban kurikulum tertentu menjadi tantangan dalam implementasi secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan jenis kuis interaktif yang paling banyak digunakan di sekolah dasar adalah Quizizz dan Wordwall. Sedangkan, hasil analisis artikel jurnal online dari google sholar menunjukkan tren yang sama, dimana Quizizz, Wordwall, dan Kahoot menjadi jenis kuis interaktif yang paling banyak dianalisis atau diteliti oleh para peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kuis interaktif, Quizizz, Wordwall, sekolah dasar, media pembelajaran, teknologi pendidikan |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | RETNO WULANDARI |
Last Modified: | 05 Aug 2025 14:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |