Putri, Risma Arinda (2025) PENGARUH ICE BREAKING BERBASIS GAMES PADA PEMBELAJARAN MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060005.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060005_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (508kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060005_0714118403_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru siswa kelas I SDN Ngadi dan SDN Blimbing 1, proses pembelajaran cenderung monoton karena menggunakan pembelajaran berbasis Teacher Center. Model pembelajaran ini dapat mengakibatkan siswa mudah bosan dan kurang semangat dalam belajar. Hal tersebut menjadi latar belakang dari penelitian ini untuk memberikan ice breaking berbasis games kepada siswa kelas I. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking berbasis games pada kemampuan siswa kelas I dalam pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis desain yang digunakan pada penilitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, selain itu juga menggunakan perangkat pembelajaran, serta tes yang berupa pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif.. Hasil dari penelitian pengaruh Ice Breaking adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan tanpa penerapan ice breaking berbasis games berpengaruh kurang maksimal terhadap kemampuan siswa kelas I SD, 2) Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan penerapan ice breaking berbasis games sangat berpengaruh pada kemampuan siswa kelas I SD, dan 3) Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas I SD antara penerapan pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan tanpa ice breaking berbasis games dengan penerapan pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan yang menggunakan ice breaking berbasis games. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pemberian ice breaking dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjadikan proses pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan menjadi lebih baik dan menarik. Selain itu dengan pemberian ice breaking juga dapat meningkatkan semangat siswa kelas I SD untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga juga meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar materi tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, Materi Penjumlahan dan Pengurangan, Kemampuan Siswa |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Risma Arinda Putri |
Last Modified: | 05 Aug 2025 15:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |