Talia, Della (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KODIG (KOMIK DIGITAL) DALAM MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060253.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060253_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (510kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060253_0730098803_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru, siswa lebih suka berbicara ketika pembelajaran berlangsung, dan menurunnya antusias dan minat siswa dalam belajar materi keragaman budaya. Guru sering menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi keragaman budaya hal tersebut sudah cukup efektif dalam penyampaian materi, namun penggunaan media yang maksimal sangat membantu untuk mendorong keterlibatan aktif siswa pada saat proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan guru sudah menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, namun penggunaan media pembelajaran belum maksimal untuk pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4. (2) Untuk mengetahui kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4. (3) Untuk mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, serta pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan dari ahli materi sebesar 96% dan skor kevalidan dari ahli media sebesar 92%. Hasil validasi tersebut menjelaskan bahwa media sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 94% dan skor respon siswa pada uji luas sebesar 94%. Nilai tersebut memenuhi kriteria dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan memperoleh nilai posttest 8 siswa pada uji coba terbatas memperoleh skor sebesar 87,5% dan perolehan nilai posttest dari 20 siswa pada uji coba luas memperoleh skor sebesar 90%. Skor tersebut memperoleh kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Digital Comics, Cultural Diversity |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Della Talia |
Last Modified: | 05 Aug 2025 12:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |